A. SEJARAH
STAK
Arastamar Grimenawa
Kepedulian yang
mendalam terhadap
kebutuhan pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) masyarakat pedesaan dan
pedalaman Papua, maka Tim Arastamar Papua mendirikan Sekolah
Tinggi Ilmu
Pendidikan Agama Kristen (STIPAK) Arastamar di
daerah Grimenawa – Kampung Sabron, Distrik Kemtuk, Kabupaten Jayapura,
Provinsi Papua. Dengan mendapat dukungan awal dari pemerintah Kabupaten
Jayapura, maka pada tanggal 23 September 2014, STIPAK Arastamar Grimenawa telah
diresmikan pembukaan oleh Asisten III mewakili Bupati Kabupaten Jayapura dan
kuliah perdananya. Adapun jumlah mahasiswa angkatan perdana tahun akademik
2014/2015 yang sedang mengikuti kuliah aktif sebanyak 96 orang dari 2 program
studi yaitu Pendidikan Agama Kristen dan Pendidikan Teologi.
Dalam perkembangan STIPAK
berubah nama menjadi Sekolah Tinggi Agama Kristen (STAK) Arastamar Grimenawa
mengikuti legalitas hukum SK Ijin Pendirian Institusi tanggal 31 Desember 2014
oleh Dirjen Bimas Kristen Kementerian Agama RI nomor: DJ.III/Kep/HK.005/612/2014,
dan Ijin Penyelenggaraan Prodi S1 PAK nomor: DJ.III/Kep/HK.005/615/2014,
Prodi S1 Teologi nomor: DJ.III/Kep/HK.005/615/2014.
Pada usia yang relatif
masih muda, tetapi dengan kerja keras dan cerdas, STAK Arastamar Grimenawa
telah Terakreditasi Baik (C) Institusinya oleh Badan Akreditasi Nasional
Perguruan Tinggi (BAN-PT) tertanggal 15 Agustus 2017 dengan Surat Keputusan
Nomor: 2725/SK/BAN-PT/Akred/PT/VIII/2017.
Komitmen STAK Arastamar Grimenawa
adalah menjangkau, melayani dan memperlengkapi putera dan puteri Papua yang
membutuhkan pendidikan jenjang Pendidikan Tinggi sesuai dengan amanat UUD 1945
pasal 31, UU Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2005 dan UU Pendidikan
Tinggi Nomor 12 Tahun 2012. Komitmen
tersebut dicetuskan dalam satu falsafah “To Reach The Unreach People,
(Menjangkau yang Tidak Terjangkau)”. Komitmen ini didasarkan pada
semangat melaksanakan Mandat Budaya (Kej. 1:27-28) dan Amanat Agung TUHAN Yesus
Kristus (Mat. 28:19-20), bahwa dunia adalah ladang untuk berkarya, melayani dan
memuridkan segala suku bangsa supaya mempunyai hidup dalam segala kelimpahan
kasih karunia TUHAN dan siap menjadi pengikut Kristus yang setia.
Papua sebagai daerah yang
kaya akan Sumber Daya Alam, tetapi masih
banyak penduduknya hidup dibawah garis kemiskinan dan keterbelakangan
pendidikan, khususnya mereka yang tinggal di daerah pedesaan dan pedalaman.
Mereka sangat butuh pendidikan dan hidup layak. Untuk itu STAK Arastamar hadir
melayani dan memperlengkapi setiap mereka yang mau dibentuk, dibimbing, dididik
dan siap diutus kembali ke pedesaan & pedalaman guna membangun
masing-masing daerahnya.
B.
VISI, MISI, TUJUAN, SASARAN DAN MOTTO INSTITUSI
VISI:
”Menjadi
Sekolah Tinggi yang menghasilkan Sumber Daya Manusia Papua kreatif,
inovatif, mandiri dan berkarakter Kristus dalam berkarya pada tahun 2030.”
MISI:
1.
Menyelenggarakan
pembelajaran kreatif, inovatif, mandiri dan berkarakter Kristus bagi
pembangunan Sumber Daya Manusia.
2.
Melaksanakan
pengembangan penelitian Pendidikan Kristen dan Teologi yang bermanfaat bagi
masyarakat.
3.
Melaksanakan
pengabdian masyarakat di kota, desa, maupun daerah tertinggal, guna bebas dari
keterbelakangan pendidikan dan kerohanian.
TUJUAN:
1.
Menghasilkan
lulusan yang berkarakter Kristus, kreatif, inovatif, dan mandiri dalam berkarya
membangun daerahnya masing-masing.
2.
Membangun
kerjasama yang berkelanjutan dengan masyarakat pengguna, lembaga mitra,
Sekolah, Gereja dan Pemerintah dalam pengembangan pendidikan dan penelitian
keagamaan Kristen.
3.
Menghasilkan
publikasi ilmiah dan hak paten melalui pengembangan penelitian pendidikan
Kristen dan Teologi yang berkualitas dan inovatif guna menunjang pembangunan
Sumber Daya Manusia.
SASARAN:
1.
Tercapainya
Perguruan Tinggi yang kreatif, inovatif dan mandiri dalam berkarya bagi
masyarakat, bangsa dan negara pada tahun 2030.
2.
Tercapainya
Perguruan Tinggi yang menghasilkan Tenaga Pendidik, kependidikan dan Pelayan Gereja yang
kreatif, inovatif dan mandiri dalam berkarya.
3.
Tercapainya
Perguruan Tinggi yang menghasilkan publikasi ilmiah dan hak paten penelitian
pendidikan Kristen dan Teologi berkualitas dan inovatif guna menunjang
pembangunan Sumber Daya Manusia.
STRATEGI:
1.
Membuka program studi dengan konsentrasi atau bidang
minat yang relevan dalam
menunjang visi misi dan tujuan STAK AGJ.
2.
Menyusun
Kurikulum yang sesuai dengan visi, misi dan tujuan STAK AGJ.
3.
Melibatkan
para stakeholder atau pengampu kepentingan dan pengguna lulusan (sekolah
dan gereja) dalam memantau dan mengevaluasi visi, misi dan tujuan STAK AGJ.
4.
Memelihara
dan meningkatkan pelayanan rohani bagi civitas Akademika STAK AGJ.
5.
Komitmen,
kreatif, inovatif dan mandiri dalam berkarya di sekolah, gereja dan masyarakat sebagai
tolak ukur keberhasilan STAK AGJ.
6.
Secara
kontinue memberikan kesempatan studi lanjut dan beasiswa kepada dosen yang
berprestasi sehingga menghasilkan tenaga pendidik yang berkualifikasi,
berkompeten sesuai dengan kebutuhan STAK AGJ.
7.
Selanjutnya
semuanya ini telah dituangkan dalam RENSTRA dan RENOP STAK AGJ.
MOTTO INSTITUSI:
“Kreatif,
Inovatif dan Mandiri dalam berkarya”
C.
PROGRAM STUDI
Adapun program studi
prioritas yang sedang berlangsung proses pembelajaran yaitu S1-S2 Pendidikan
Agama Kristen dan S1 Teologi, sedangkan program yang lain masih dalam tahap
perencanaan.
Tabel Pelaksanaan &
Perencanaan Program Studi sbb:
PROGRAM
STUDI
|
Ø
S1
Pendidikan Agama Kristen (Reguler Umum dan Khusus)
Konsentrasi:
a.
Guru
Agama Kristen (S.Pd)
b.
Pendidikan
Guru PAUD (S.Pd)
c.
Administrasi
Pendidikan (S.Pd)
Ø S1 Teologi (Reguler Umum
dan Khusus)
Konsentrasi:
a.
Kependetaan
(S.Th)
b.
Bimbingan
Konseling (S.Ag)
c.
Kepemimpinan
Kristen (S.Ag)
Ø S1 Sosiologi Kristen
(S.Sos - Reguler Umum dan Khusus)
Ø
S2
Pendidikan Agama Kristen (M.Pd - MoU - Reguler Khusus)
|
Sebuah langkah awal yang baik, tingkatkan
BalasHapus