By: Jeffrit Kalprianus Ismail
Penulisan Jurnal Pada Artikel kali ini STAK AGJ akan membahas mengenai bagaimana sih cara penulisan jurnal penelitian yang baik dan benar untuk teman-teman mahasiswa dalam menyusun jurnal, jurnal adalah sebagai salah satu syarat kelulusan mahasiswa/dosen dalam studi atau karirnya.
Jurnal merupakan sebuah Publikasi Periodik dalam bentuk artikel yang diterbitkan secara berkala, (tergantung pada penerbit Frekuensi terbitan dalam setahun berapa kali terbit) biasanya jurnal terbit minimal 1 tahun 2 kali dan ada juga setiap bulan publish.
Di
samping itu Setiap jurnal terbitan tidak lepas dari beberapa aturan atau
regulasi yang berbeda, tergantung keinginan penerbitnya. Kali ini, penulis
berharap dapat mencoba berbagi ilmu tentang metode dan prosedur penyusunan
jurnal. Sebelum kita lebih jauh membahas tentang pembuatan jurnal yang baik dan
benar berikut kita kenalan terlebih dahulu.
Apa si Penulisan jurnal itu?
Selain
itu Artikel adalah sebuah penjelasan kerangka yg membahas tentang tema
tertentu. atau dapat mengenai hasil penelitian atau study kepustakaan. dan
Penulisan artikel ditujukan untuk menyampaikan pikiran penulis terhadap
realita, fakta dan konsep yg ditemui penulis di lapangan. Panjang artikel
antara 3.500 hingga 7.000 kata (sudah termasuk abstrak dan daftar Pustaka). (wikipedia)
Tujuan Penulisan jurnal
Tujuan membuat artikel
jurnal, sebagai berikut :
1.
Memang Untuk menyampaikan gagasan, dan diajukan ke
penerbit jurnal.
2. Lebih Lanjut Didiskusikan dalam sebuah pertemuan
ilmiah (seminar atau workshop).
3.
Selain itu Laporan hasil suatu penelitian.
4.
Apalagi Memenuhi tugas akhir mata kuliah.
5.
Selain Itu Mengikuti perlombaan.
1.
Tentukan tema yang akan anda tulis.
2.
Carilah permasalahan atau keunikan dari tema yang
telah anda pilih.
3.
Tuliskan penulisan jurnal artikel tersebut.
4.
Rumuskan beberapa ide pokok artikel anda dalam
bentuk rumusan masalah.
5.
Carilah referensi dari jurnal – jurnal mutakhir
(maksimal 5 tahun terakhir).
6. Pengembangan tema dikuatkan dengan referensi dan
data lapangan yang akurat.
7.
Lakukan analisis terhadap data lapangan dan
referensi yg anda tuliskan.
8.
Buatlah kesimpulan dari artikel yg anda tuliskan.
Sistematika Penulisan artikel ilmiah yang benar :
1.
Judul
2.
Abstrak kata kunci
3.
Pendahuluan
4.
Metodologi
5.
Teori Kajian
6.
Hasil Dan Pembahasan
7.
Penutup (Kesimpulan & Saran)
8.
Daftar Pustaka
Berikut ini Penjelasan
terkait bagian-bagian penulisan jurnal ilmiah :
1. penulis jurnal terdiri dari :
- Judul (5 s.d 12
kata), dan buatlah judul yang menarik dan aktraktif.
- Nama penulis tanpa
gelar akademis.
- Afaliasi atau
Lembaga penulis.
- Alamat surat
elektronik atau email.
- Pada jurnal abstrak
mencangkup permasalahan. urgensi penulis, metodologi, penelitian, hasil
dan saran yang didapat oleh penulis.
- Abstrak menggunakan
Bahasa yang singkat padat, dan to the pint.
- Standar Panjang
abstrak antara 100-250 kata.
- Jarak baris 1
spasi.
- Saran, tulislah
abstrak di sesi paling akhir setelah artikel anda sudah jadi. Sehingga,
anda tidak akan kesulitan membuat abstrak tersebut.
- Kata kunci terdiri
dari 3 s.d 5 kata atau frasa.
- Angkat secara
khusus tema yang mencangkup latar belakang pada pendahuluan.
- Sajikan Kajian
literatur terdahulu yang memiliki (relevansi) dengan tema dalam bentuk
deskripsi untuk menunjukan kebaruan tulisan.
- Kemukakan
Permasalahan, serta hipotesisis dari tulisan tersebut.
- Penulisan
pendahuluan sewajarnya tidak terlalu Panjang, tapi mampu mengantarkan
pembaca kepada tulisan yang akan di sajikan.
- Alur berfikir dalam
pendahuluan adalah dari umum ke khusus atau lebih spesifik.
- Cantumkan di akhir
pendahuluan tujuan artikel, Tulis tujuan penulis dengan bahasa yang jelas
menggunakan kata kerja. serta mampu menjelaskan hasil dari artikel
tersebut.
4. Metodologi
- Dalam menulis
artikel ilmiah, pasti menggunakan metode tertentu. penulis menyajikan
khususnya dalam mendapatkan data penelitian guna memecahkan permasalahan.
- Gunakan metode yang
relevan kualitatif, kuantitatif, survei dan kajian Pustaka dsb.
- Gunakan secara
rinci metodologi tersebut untuk:
Ø Sajikan
penelitian yang menjadi panduan dalam mencapai tujuan penelitian, sehingga
dapat menjawab pertanyaan.
Ø Lakukan
pemaparan dalam mengumpulkan data, melakukan Teknik sampling, serta penentuan
instrument untuk pengumpulan data
Ø Untuk
menguji keabsahan sumber data baik validasi maupun reliabilitasnya. Sajikan
data guna menghindari munculnya multi-tafsir.
Ø Sajikan
artikel dari data dalam metodologi ini mewakili gambaran proses pengolahan dan
analisis data, sehingga tampak kriteia dan indikator.
5. Teori Kajian
- Teori merupakan
suatu perangkat pertanyaan yg bertalian satu sama lain, yang disusun
sedemikian rupa sehingga memberikan makna yang fungsional terhadap
serangkaian kejadian, khususnya teori yang terkait dengan tema yang
disajikan penulis.
- Fungsi teori yaitu
membantu peneliti dalam menganalisis data untuk membuat ringkasan singkat
atau sinopsis, sehingga dapat memberikan saran kepada peneliti selanjutnya
untuk mencoba hal yang baru.
- Sampaikan,
elaborasi peneliti terhadap teori yang dapat melahirkan teori yang baru
sesuai dengan hasil penelitian penulis.
- Tuliskan hasil
temua dari lapangan, kemudian lanjutkan dengan analisis dan pembahasan
terhadap temuan data tersebut. Perolehan hasil harus menjawab pertanyaan
dari rumusan masalah serta hipotesis pada bagian pendahuluan.
- Secara rinci, hasil
dan pembahasan artikel mencakup beberapa hal berikut:
Ø Sajikan
tujuan penulisan dalam sistematika penulisan.
Ø Lengkapi
Pembahasan dengan tabel atau gambar.
Ø Paparkan
analisis setiap data oleh penulis pada bab ini.
- Cara membahas
temuan data menggunakan sistematika alur berfikir dari spesifik ke umum
(dari khusus ke umum), kebalikan dari alur pendahuluan.
- Sampaikan adanya
keterbatasan dari peneliti dalam melakukan pengumpulan data dan analisis
data, dan hubungkan dengan literatur lainnya.
- Bahkan Pada bagian
penutupan terdiri dari kesimpulan dan saran. apa lagi Penulis menyajikan
kesimpulan hendaknya mampu menjawab hipotesis dan rumusan masalah penulis.
- Kemudian Kesimpulan
tidak boleh mengulang redaksi pada bagian hasil dan pembahasan. Sehingga,
kesimpulan berisi ringkasan hasil temuan penulis yang mampu menjawab
hipotesisi penelitian. Kemudian lanjutkan dengan menuliskan saran dari
penulis.
- Kriteria kesimpulan
yang baik adalah :
Ø Bukan
sekedar ringkasan artikel, tetapi jawaban dari hipotesa yang disajikan.
Ø Mencantumkan
temuan penting yang dapat ditonjolkan.
Ø Mampu
meyakinkan pembaca, akan hasil temuan penulis.
Ø Hasil
temuan dapat dinyatakan secara kuantitatif atau prosentase.
- Maupun Semua
artikel ini harus melampirkan daftar rujukan di daftar pustaka
- Seluruh daftar
Pustaka yang dicantumkan, hendaknya berasal dari sumber primer.
- Kriteria sumber
primer adalah :
Ø Jurnal
ilmiah minimum 80% dari keseluruhan daftar Pustaka.
Ø Jurnal
dan buku terbitan 10 tahun terakhir.
Ø Setiap
artikel minimal berisi 10 daftar Pustaka acuan.
Referensi :
Wikipedia
Ismail, J. K. (2020, July 24). Pengantar Metodologi Penelitian PAK; contoh penulisan tesis berbasis korelasional. https://doi.org/10.31219/osf.io/eqnbh
Ismail, J. K., & Dewi, Y. (2021, November 14). PANDUAN BIMBINGAN PENULISAN SKRIPSI. https://doi.org/10.31219/osf.io/nf5m8
Tidak ada komentar:
Posting Komentar